Skip to main content
 

"Saijah remuk, dan dia kan sadar, yang tak diam dengannya hanya waktu" (Saijah, diambil dari judul karangan Max Havelar - Saijah dan Adinda)

Dengan langkah yang gagah berani seperti langkah orang yang besar cita-citanya , Saijah masuk ke rumah Adinda , dan kepada Adinda ia menceritakan rencananya.

-"Bayangkan , " katanya , "Jika aku kembali , kita sudah cukup umur untuk kawin , dan kita akan memiliki dua ekor kerbau ! "
-"Baik sekali , Saijah . Aku ingin kawin dengan kau jika kau telah kembali . Aku akan memintal , dan menenun sarung dan selendang , dan aku akan membatik , dan bekerja rajin sekali selama itu . "
-" O , aku percaya Adinda , tapi ... bagaimana jika aku kembali dan kau telah kawin ? "
-" Saijah , kau tahu bahwa aku tidak akan kawin dengan orang lain ; ayahku telah berjanji dengan ayahmu mengenai diriku . Dan kau sendiri . ? "
-" Aku akan kawin dengan kau , percayalah , bila aku pulang , aku akan berseru dari jauh . "
-" Siapa akan mendengarmu jika kami sedang menumbuk padi di desa ? "
-" Benar juga , ... tapi Adinda , ... O ya , aku mendapat pikiran yang lebih baik , ... tunggulah aku di hutan jati , di bawah ketapang di mana kau memberiku kembang melati . "
-" Tapi , Saijah , bagaimana aku tahu bila aku harus pergi menunggumu di bawah ketapang ? "
Saijah berfikir sejenak , lalu berkata :
-" Hitunglah jumlah bulan , aku akan pergi tiga kali dua belas bulan , ... bulan ini tidak terhitung ; ... lihat , Adinda , buatlah garis pada lesungmu pada tiap bulan baru . Sesudah cukup tiga kali dua belas garis , sehari sesudah itu aku akan datang dibawah ketapang ; ... berjanjilah bahwa kau akan menungguku disana . "


Saijah dan Adinda , 279-280 , XVII , Max Havelaar -
Multatuli , 1972 


Memaknai suatu lagu tidak perlu selusin kalimat tak arti, lebih indah secuil kata beribu makna :)

Comments

Popular posts from this blog

Abdul Kahhar Mudzakir VI - 2015: Persiapkan Dirimu! ;) [PART 1]

Lettering x Watercolor

Geng Riweuh: Edisi Jalan-jalan ke Yogyakarta~

KISAH VERSI ASRY: 
Sebelum keberangkatan..... Sekitar sebulan sebelum UAS kami: Septo, Dian, Firda, Bernardi, Fandi) buat rencana refreshing days sehabis ujian. Nah semua setuju buat berangkat ke Jogja tanggal 18 Juni 2013, udah siap tiket kereta sama penginapannya. Walaupun banyak kendala dari ada yang mengundurkan diri *ga perlu disebut siapa ha ha ha ha* tapi ga jadi soalnya ga tega sama yang lain bisa batal karena perhitungan tombokan hotelnya jadi beda :9 dan pas H- sekiaaaaan kita riweeeeuh banget di line group, sekedar nanya bawa apa aja kesana, pake koper, tas jinjing, atau ala backpacker, sama bawa baju berapa, dlsb. Terus janjian ngumpul di stasiun jam berapa, sampai Ber (Bernardi) nawarin cowok-cowok buat nginep dirumahnya biar ga perlu taksi buat berangkat kesana *ga penting diceritain* yang jelaaaaaaaas kami semua sepakat buat pake koper dan bawa baju berapa selama di Jogja, lucu kaaaan? :) Pencarian hotel pun bikin hectic, temen kelas yang lain pusing-pusing baca Penganta…